Pembuatan gme edukasi
untuk taman kanak-kanak menggunakan adobe flash professional cs5
Game komputer merupakan salah satu hiburan yang
diminati banyak orang, tidak melihat umur ataupun profesinya seseorang senang
untuk memainkan games, bahkan kesenangan tersebut menjadi sebuah hobi yang
tidak bisa ditinggalkan, sehingga banyak orang yang menghabiskan waktunya untuk
bermain game, dampak psikologis dari game itu bisa berakibat kepada penggemar
game, apalagi kepada anak-anak yang masih mengalami masa perkembangan dan
pertumbuhan. Dan dampak negatife seharusnya dihindari, contohnya terlalu sering
bermain games sehingga membuat seseorang malas mengerjakan aktifitas lain yang
bermanfaat. Dampak positifnya anak bisa belajar yang bermanfaat menggunakan komputer
seperti bermain games yang mengandung pendidikan ataupun pengetahuan.
Game bisa bermanfaat jika game tersebut mengandung
nilai pendidikan atau pengetahuan yang juga menarik untuk dimainkan. Ada
beberapa bentuk game seperti game petualang, game logika, game olah raga dan
lain-lain. Pada saat anak-anak bermain komputer Orang tua harus melakukan
pengontrolan kepada anak untuk memilih permainan yang mengandung nilai-niali
pendidikan agar anak bisa mendapat hal yang positif dari game yang di mainkannya.
Dengan perkembangan game komputer yang sangat pesat
dan banyak diminati oleh masyarakat, maka di buat Game Edukasi yang ditujukan
untuk anak-anak empat sampai enam tahun atau untuk Taman Kanak-kanak. Game ini
mempunyai unsur pembelajaran matematika, yang sangat membantu anak-anak untuk
belajar sambil bermain. Disini anak akan disuruh memilih pelajaran apa yang
ingin dimainkan, pada menu akan ada permainan pertambahan dan pengurangan, jika anak memilih penjumlahan
atau pengurangan maka nanti akan ada beberapa soal yang harus dijawab, setelah menjawab maka nanti akan keluar skor yang
didapat.
Harapan dari adanya game ini bisa memberikan hiburan
dan pendidikan kepada anak-anak terutama untuk usia empat sampai lima tahun.
Sehingga anak-anak akan senang mempelajarinya.
Tujuan Penulisan Ilmiah ini adalah membuat Game
Edukasi untuk usia empat sampai lima tahun atau Taman kanak-kanak dengan
memberikan sarana pendidikan dan hiburan kepada anak-anak yang dibuat dalam
sebuah game edukasi. Tujuan tersebut dijabarkan sebagai berikut :
1. Memberikan hiburan edukasi kepada anak-anak dalam
sebuah game dengan memuat nilai-nilai pendidikan.
2. Memberikan pendidikan dan pengetahuan kepada
anak-anak tingkat Taman Kanak-Kanak.
3. Melatih anak-anak dalam berhitungan .
4. Mengenalkan anak-anak dengan jenis-jenis buah-buahan.
5. Mengenalkan anak-anak kepada teknologi.
Metode penulisan yang digunakan
oleh penulis adalah
1. Menetukan
game yang akan dimasukan kedalam aplikasi
2. Merancang
desain masing-masing game yang akan dimasukan kedalam game edukasi.
3. Mendesain
fungsi-fungsi control pada game.
4.
Uji coba system
sumber beberapa menggambil dari internet dan sebagian hasil pemikiran saya sendiri, juga di bantu oleh rekan-rekan saya.
Komentar
Posting Komentar