Pembuatan gme edukasi untuk taman kanak-kanak menggunakan adobe flash professional cs5


Pembuatan gme edukasi untuk taman kanak-kanak menggunakan adobe flash professional cs5

Game komputer merupakan salah satu hiburan yang diminati banyak orang, tidak melihat umur ataupun profesinya seseorang senang untuk memainkan games, bahkan kesenangan tersebut menjadi sebuah hobi yang tidak bisa ditinggalkan, sehingga banyak orang yang menghabiskan waktunya untuk bermain game, dampak psikologis dari game itu bisa berakibat kepada penggemar game, apalagi kepada anak-anak yang masih mengalami masa perkembangan dan pertumbuhan. Dan dampak negatife seharusnya dihindari, contohnya terlalu sering bermain games sehingga membuat seseorang malas mengerjakan aktifitas lain yang bermanfaat. Dampak positifnya anak bisa belajar yang bermanfaat menggunakan komputer seperti bermain games yang mengandung pendidikan ataupun pengetahuan.
Game bisa bermanfaat jika game tersebut mengandung nilai pendidikan atau pengetahuan yang juga menarik untuk dimainkan. Ada beberapa bentuk game seperti game petualang, game logika, game olah raga dan lain-lain. Pada saat anak-anak bermain komputer Orang tua harus melakukan pengontrolan kepada anak untuk memilih permainan yang mengandung nilai-niali pendidikan agar anak bisa mendapat hal yang positif dari game yang di mainkannya.
Dengan perkembangan game komputer yang sangat pesat dan banyak diminati oleh masyarakat, maka di buat Game Edukasi yang ditujukan untuk anak-anak empat sampai enam tahun atau untuk Taman Kanak-kanak. Game ini mempunyai unsur pembelajaran matematika, yang sangat membantu anak-anak untuk belajar sambil bermain. Disini anak akan disuruh memilih pelajaran apa yang ingin dimainkan, pada menu akan ada permainan pertambahan dan  pengurangan, jika anak memilih penjumlahan atau pengurangan maka nanti akan ada beberapa soal yang harus dijawab, setelah  menjawab maka nanti akan keluar skor yang didapat.
Harapan dari adanya game ini bisa memberikan hiburan dan pendidikan kepada anak-anak terutama untuk usia empat sampai lima tahun. Sehingga anak-anak akan senang mempelajarinya.

Tujuan Penulisan Ilmiah ini adalah membuat Game Edukasi untuk usia empat sampai lima tahun atau Taman kanak-kanak dengan memberikan sarana pendidikan dan hiburan kepada anak-anak yang dibuat dalam sebuah game edukasi. Tujuan tersebut dijabarkan sebagai berikut :
1.      Memberikan hiburan edukasi kepada anak-anak dalam sebuah game dengan memuat nilai-nilai pendidikan.
2.      Memberikan pendidikan dan pengetahuan kepada anak-anak tingkat Taman Kanak-Kanak.
3.      Melatih anak-anak dalam berhitungan .
4.      Mengenalkan anak-anak dengan jenis-jenis buah-buahan.
5.      Mengenalkan anak-anak kepada teknologi.


Metode penulisan yang digunakan oleh penulis adalah
1.      Menetukan game yang akan dimasukan kedalam aplikasi
2.      Merancang desain masing-masing game yang akan dimasukan kedalam game edukasi.
3.      Mendesain fungsi-fungsi control pada game.
4.      Uji coba system


sumber beberapa menggambil dari internet dan sebagian hasil pemikiran saya sendiri, juga di bantu oleh rekan-rekan saya.

Komentar